Sabtu, 03 Juli 2010

tugas ke 8

Tugas ke 8


Dasar-Dasar Pemrograman 1

1. Bahasa Pemrograman

Kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program). Urutan perintah yang disusun sedemikian rupa, sehingga komputer dapat melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai. Program Komputer, Susunan Instruksi yang harus dikerjakan oleh komputer. Susunan Instruksi

disebut dengan Perangkat Lunak (Software).

Langkah Langkah Membuat Program

1. Mendefinisikan permasalahan dan membuat rumusan untuk pemecahan masalah

2. Implementasi

3. Kompiling

4. Menguji coba dan membuat dokumentasi

• Mendefinisikan Permasalahan dan membuat rumusan untuk pemecahan masalah

Harus mengerti dengan baik mengenai permasalahan apa yang ingin diselesaikan, seperti:

1. Bagaimana hubungan antara data input dengan hasil pengolahannya

2. Bagaimana data input dengan pengolahannya

3. Bagaimana hubungan antara output dengan pengolahannya

Bagaimana struktur pengolahan

• Implementasi (Menulis Program)

Implementasi telah mulai melibatkan bahasa pemrograman yang ingin digunakan. Di dalam mengimplementasi algoritma akan menentukan bahasa pemrograman apa yang cocok atau ingin digunakan. Algoritma urutan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah.







• Kompiling

Adalah tahapan pemeriksaan terhadap program yang disusun yang akan dilakukan oleh komputer dengan menggunakan Processor Program atau Kompiler . Processor program atau kompiler berfungsi sebagai alat/program yang akan menerjemahkan program yang dimasukkan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer (Objek Program).

• Menguji Coba

Setelah selesai kompiling, langkah selanjutnya yaitu menguji program tersebut apakah telah berjalan sesuai dengan tujuannya untuk memberi solusi dari suatu permasalahan. Apabila program belum berjalan dengan baik, maka kita perlu mengkaji kembali rumusan/algoritma yang telah dibuat pada langkah pertama, serta memperbaiki implementasi program yang mungkin keliru.

2. Flowchart atau Diagram Alir

Flowchart atau diagram alir berfungsi sebagai alat bantu yang berupa simbol–simbol yang saling dihubungkan sehingga dapat menggambarkan alur pikir sebuah program atau permasalahan yang akan diproses dengan progam komputer.

Teori Dasar sebuah program secara sederhana digambarkan dengan alur proses sebagai berikut :

• Masukkan (Input)

• Proses

• Keluaran (Output)

Keterangan:

Masukkan (Input): Data yang berupa variabel (nilai data bisa berubah) atau konstanta (nilai data tetap) yang berguna sebagai data yang dibutuhkan agar formula/solusi yang ditetapkan dapat diproses

Proses: Formula atau proses untuk menyelesaikan permasalahan dari data masukkan yang diberikan

Keluaran (Output): Hasil yang didapat setelah masukkan yang ada diproses





3. Sistem Bilangan

Suatu cara mewakili besaran suatu item fisik. Manusia lebih banyak menggunakan sistem bilangan desimal (10 macam simbol). Komputer memahami elemen dua keadaan (two-state element), yaitu off (tidak ada arus) dan on (ada arus), dikenal dengan sebutan sistem bilangan binari (2 macam simbol). Selain itu, komputer juga menggunakan sistem bilangan oktal dan sistem bilangan heksadesimal.

Sistem Bilangan (Lanjutan)

 Sistem bilangan desimal: basis 10, terdiri atas 10 macam simbol bilangan.

 Sistem bilangan binari: basis 2, terdiri atas 2 macam simbol bilangan.

 Sistem bilangan oktal: basis 8, terdiri atas 8 macam simbol bilangan.

 Sistem bilangan heksadesimal: basis 16, terdiri atas 16 macam simbol bilangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar