Minggu, 01 Agustus 2010

Tugas 10 Multimedia


TUGAS 10
MULTIMEDIA

Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban et al, 2002). Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia dalam konteks komputer adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001).
Sejarah Multimedia
Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia mencakup: monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.
Perkembangan Multimedia
Menurut  Morgan Stanley:
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk:
    • Televisi   : 13 tahun
    • TV Kabel : 10 tahun
    • Internet  :   5 tahun
Dan perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet. Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini. Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive. Layanan multimedia online sedang mengalami booming. Teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia      mobile multimedia.
Sistem Multimedia
SISTEM MULTIMEDIA: A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media (AHD, 1991)
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?
1.    Kombinasi Media
     Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
2.    Independence
     Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah
3.    Computer-supported Integration
     Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user
Multimedia PC
Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia. Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:
    • CD-ROM drive / DVD Drive
    • Sound Card (untuk recording dan playback)
    • Multimedia (Music/Movie) Player
    • RAM dan HARD DISK yang mencukupi
    • Graphics Adapter
    • Speaker
Sistem Multimedia dibagi:
1.        Sistem Multimedia Stand Alone
       Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard. Stand alone multimedia mempunyai I/O Device untuk menangkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu.
2.        Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan terjadi kemacetan jaringan. Sehingga harus terhubung dengan jaringan. Mampu melakukan sharing sistem dengan sumber daya yang sama dimana computer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung dalam jaringan sehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi.
Multimedia dapat digunakan dalam:
  1. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik.
  2. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif.
Multimedia dan Prinsip  Pembelajaran
Manusia belajar dari :
§  10 % Membaca                         Teks          
§  20 % Mendengar                      Audio
§  30 % Melihat                            Grafis/foto
§  50 % Melihat & Mendengar  Video/Animasi        

80 % Berbicara                                                                                
80 % Berbicara dan melakukan          Simulasi                                  
Fungsi Multimedia:
1.        Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor, contoh software yang mendukung teleworking atau telecommuting: Netmeeting
2.        Mengubah cara belanja. Homeshopping atau teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya
3.        Mengubah cara bisnis. Banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online dan bank menggunakan cara online-banking
4.        Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya: membaca koran online
5.        Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, dan menggunakan e-book
6.        Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio
MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA
Pendidikan di Indonesia
Hasil penelitian program pembangunan PBB (UNDP) tahun 2000 menunjukkan kualitas SDM Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara, jauh dibandingkan dengan negara tetangga Singapura (24), Malaysia (61),Thailand (76) dan Philipina (77). Hasil studi International Educational Achievment (IEA) menunjukan kemampuan IPA peserta didik di SMP Indonesia menempati urutan ke-40 dari 42 negara yang diteliti (Rukmana dalam Zulhemi, 2006).
Faktor Penyebab:
§  Guru, Siswa, Sarana dan Prasarana, Kurikulum, dan Komitmen Bersama
§  Salah satu faktor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran guru  kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif
§  Pembelajaran yang interaktif bisa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran
Media Pembelajaran
§  Media : Medium = Perantara
§  Media komunikasi: perantara penyampai pesan atau informasi
§  Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
Kontribusi Media dalam Proses Pembelajaran
Ø Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
Ø Pembelajaran dapat lebih menarik
Ø Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
Ø Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
Ø Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
Ø Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
Ø Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
Ø Peran guru berubahan kearah yang posistif 
Peran media dalam pembelajaran
v Membuat kongkrit konsep yang abstrak
v Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
v Memberikan pengganti pengalaman langsung
v Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
v Memberikan pengalaman segi pengamatan
v Menyajikan perbedaan warna secara visual
v Menyajikan informasi yang memerlukan gerak  
 Jenis-jenis  media
o  Media Radio/Audio
o  Media Cetak 
o  Media Televisi/Video
o  Komputer/Jaringan
MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN
v Guru bisa mengadopsi
v Guru bisa mengembangkan
v Guru bisa membuat sendiri
v Guru bisa menerapkan di kelas
Contoh Mengadopsi dan mengembangkan 
       Menggunakan internet
       Menggunakan cd pembelajaran
 Tantangan Multimedia Interaktif

         Butuh peralatan (komputer, LCD, dan audio system)
         Butuh keahlian khusus (produksi dan operasi)
      •         Sumber listrik harus tersedia
                                                                       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar